Manfaat Pupuk organik


Pupuk organik mempunyai efek jangka panjang yang baik bagi tanah, yaitu dapat memperbaiki struktur kandungan organik tanah dan selain itu juga menghasilkan produk pertanian yang aman bagi kesehatan. Oleh karena itu sekarang ini penggunaan pupuk organik digalakkan pemakaiannya di kalangan petani.
Pupuk organik ada dua macam, yaitu pupuk organik padat dan pupuk organik cair. Salah satu bahan dasar pembuat pupuk organik cair adalah urine sapi perah. Kelemahan pupuk organik cair dari urine sapi perah adalah kurangnya kandungan unsur hara yang dimiliki.
Produk utama dari sapi adalah daging, oleh karena itu peternak selalu menginginkan cara penggemukan sapi yang lebih efektif sehingga pertumbuhan sapi tidak makan waktu
lama dapat memberikan penghasilan dengan keuntungan yang memuaskan. Sementara, faeces dan urine (air kencing), yang selama ini dibuang, karena dianggap kotor dan bau ternyata dapat dimanfaatkan menjadi pupuk tanaman. Tapi, juga menghasilkan limbah ikutan berupa tinja dan urine. Sebagai limbah organik mengandung lemak, protein dan karbohidrat, apabila tak ditangani dengan baik, berpotensi jadi sumber pencemaran lingkungan. Kotoran sapi dapat dijadikan pupuk kandang yang gunanya dapat menyuburkan tanaman hortikultura, seperti mentimun, kacang panjang, terong, cabai, dan terutama melon. Sementara itu, urine sapi yang sudah diolah dapat menjadi obat semprot tanaman setelah diramu dengan campuran tertentu.
Manfaat Pupuk organik Manfaat Pupuk organik Reviewed by Ginting free Blog on 19.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.