Fertigasi



Cara pemupukan yang umum dilakukan adalah disebar dipermukaan tanah, dibenam di dalam tanah, disemprot pada daun, atau melalui air irigasi yang biasa disebut fertigasi ( Plaster, 1992). Cara terakhir dipandang lebih efisien mengingat pemupukan dengan cara ditebar dipermukaan tanah ternyata banyak terbuang dan pembenaman pupuk padatan memerlukan lebih banyak air dan waktu untuk dapat diserap tanaman.
Fertigasi banyak dikembangkan melalui sistem irigasi curah, irigasi pancaran dan irigasi tetes dengan hasil yang memuaskan, yakni dapat menghemat pupuk, tenaga, dan jumlah serta waktu pemberian dapat disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi.
Untuk pengebangan teknologi irigasi dan pengelolaan air di tingkat usahatani yang lebih efisien serta penggunaan sumber daya yang ramah lingkungan, telah dirancang sistem fertigasi mikro. Teknologi sistem fertigasi mikro adalah teknologi irigasi dan teknologi pemupukan dimana pemakaian air dan pupuk langsung diberikan secara bersamaan secara lambat dan teratur yang langsung diberikan ke daerah perakaran melalui rancangan jaringan  pipa plastik yang ekonomis dengan debit penetes yang rendah sehingga hemat dalam pemakaian air dan efisien dalam penggunaan pupuk (Naswir, 2008)
Teknologi sistem fertigasi mikro adalah teknologi irigasi dan teknologi pemupukan dimana pemakaian air dan pupuk langsung diberikan secara bersamaan secara lambat dan teratur yang langsung diberikan ke daerah perakaran melalui rancangan jaringan  pipa plastik yang ekonomis dengan debit penetes yang rendah sehingga hemat dalam pemakaian air dan efisien dalam penggunaan pupuk (Naswir, 2008).
Fertigasi Fertigasi Reviewed by Ginting free Blog on 16.02 Rating: 5

4 komentar:

  1. Bang aku mau caoba system fertgasi untuk cabae gmn caranya ya....

    BalasHapus
  2. Pada prinsipnya sama az..namun kalau fertigasi untuk cabe volume air nya diperbanyak...dan penampung nya di perbesar seperti menggunakan tong..

    BalasHapus
  3. Nah klo utk kebun pepaya gmn ya? Ini kan tetesan airnya pelan2, perakaran pepaya nyebar dan akar utamanya dalam. Efektif ga pake sistem fertigasi? Apa mending siram biasa pake selang ya?

    BalasHapus
  4. pada umumnya sistem pengairan ini digunakan hanya untuk tanaman - tanaman sayuran kalau untuk tanaman buah2an bukan tidak bisa di gunakan tapi gak efektif....

    BalasHapus

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.