Pengukuran Salinitas Nutrisi Melalui EC Dan TDS

Salinitas larutan nutrisi dinyatakan melalui konsentrasi dan konduktivitas. Konsentrasi dapat diukur menggunakan TDS. Konduktivitas dapat diukur memakai EC. Elektrokonduktivitas atau Electrical (or Electro) Conductivity (EC) merupakan kepekatan unsur hara dalam larutan. Semakin pekat larutan maka semakin besar pengantaran aliran listrik dari kation (+) dan anion (-) ke anode dan katode EC meter sehingga EC semakin tinggi.

EC-meter digunakan untuk mengukur konsentrasi hara yaitu mengukur kelancaran pengantaran listrik antara katoda positif dan anoda negatif. Satuan ukuran EC adalah mS/cm (milli siemen) atau mmho/cm (milli hos) atau lebih umum digunakan mS.

Terkadang nilai EC dirubah menjadi cF (Conductivity Faktor). Misal EC 2,3 mS berubah menjadi cF 23. EC meter digunakan sebagai berikut, pada persemaian digunakan EC 1,0-1,2. Sayuran daun menggunakan EC 2,4 – 3,2. Sayuran buah pada fase vegetatif menggunakan EC 2,0-2,5.

Larutan hara dengan EC 3,0-3,5 digunakan menjelang peralihan fase vegetatif ke generatif dan selama masa produktif hingga tanaman dibongkar 4-6 bulan kemudian. Setiap tanaman membutuhkan kisaran EC yang berbeda-beda sesuai fase pertumbuhan. Selain itu, penggunaan EC pada tanaman dipengaruhi agroklimat lokasi budidaya seperti intensitas cahaya matahari, angin, kelembaban.

EC larutan hara yang tinggi menyebabkan umur panen lebih singkat, shelf-life di supermarket kian panjang, meningkatkan kadar gula buah dan kesegaran lebih terasa. EC besar juga berpengaruh pada ketahanan terhadap serangan penyakit. Tetapi, EC yang terlalu tinggi melebihi ambang batas akan merusak tanaman.

Secara umum nilai EC 4,6 adalah ambang batas EC larutan. Cara lain untuk mengukur kepekatan larutan adalah dengan jumlah padatan terlarut atau Total Dissolved Solutes (TDS). Untuk mengukur TDS digunakan TDS meter dengan satuan ppm. Prinsip kerja TDS serupa dengan EC. Oleh karenanya, di lapang lebih sering digunakan EC meter
Pengukuran Salinitas Nutrisi Melalui EC Dan TDS Pengukuran Salinitas Nutrisi Melalui EC Dan TDS Reviewed by Ginting free Blog on 18.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.