PEMANFAATAN URINE MANUSIA YANG TELAH DIFERMENTASI SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR

Oleh :

TRI MAULUDDIN AMRI
NO. BP. 0801141005
 
PROGRAM STUDI TEKNIK SUMBER DAYA AIR DAN LINGKUNGAN  
JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN  
UNIVERSITAS ANDALAS
2010
1.1 Latar Belakang
Sekarang ini, masyarakat pada umumnya masih menganggap bahwa tinja dan urine yang dihasilkan dari proses pencernaan tubuh manusia merupakan kotoran yang harus segera dibuang. Banyak cara yang dilakukan seperti membuang langsung ke sungai, membuat septic tank dan membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Dengan cara tersebut, diharapkan tinja dan urine tidak akan mencemari lingkungan air dan tanah serta tidak membahayakan kesehatan manusia.
Tinja dan urine yang dianggap sebagai kotoran yang tidak berguna, ternyata mengandung nutrien yang sangat banyak. Dengan kandungan unsur N, P dan K yang cukup tinggi, urine mempunyai potensi yang tinggi untuk digunakan sebagai pupuk. Menurut Jonsson et. al. (2004), satu liter urine dapat digunakan untuk memupuk sekitar satu meter persegi, dan dengan volume urine dalam satu tahun diperkirakan dapat digunakan untuk memupuk sekitar 300 – 400 m2 lahan pertanian.
Tinja dan urine yang dianggap sebagai kotoran yang tidak berguna, ternyata mengandung nutrien yang sangat banyak. Setiap hari, kotoran manusia yang dibuang mengandung 90 g bahan organik (berupa 30 g karbon), 10 -12 g nitrogen, 2 g phosphor, dan 3g kalium (Strauss, 2000). Menurut Wolgast (1993) dalam Morgan (2004), satu liter urine mengandung sekitar 11 g nitrogen, 0.8 g phosphor dan 2 g kalium atau dengan perbandingan unsur N:P:K adalah 11:1:2. Apabila 500 L urine yang dihasilkan oleh satu orang dalam waktu satu tahun, maka diperkirakan jumlah unsur NPK adalah 5.6 kg nitrogen, 0.4 kg phosphordan 1 kg kalium.
 Nilai tersebut bisa bervariasi antara satu orang dengan orang yang lain, atau juga antara negara satu dengan negara yang lain tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi
Hal ini diperoleh dengan membandingkan konsentrasi yang digunakan dalam pemupukan dengan pupuk buatan. Apabila petani menganti pupuk buatan dengan urine, maka biaya yang dikeluarkan untuk membeli pupuk dapat dihemat.
 
2.I JENIS PUPUK
Penggolongan pupuk bisa di dasarkan pada sumber bahan yang du gunakan ,cara aplikasi ,bentuk dan kandungan unsur hara. Berdasarkan sumber bahan yang di gunakan pupuk di golongkan menjadi pupuk organik dan pupuk anorganik dan apabila berdasarkan cara aplikasinya, pupuk di golongkan pupuk daun dan pupuk akar .berdasarkan bentuknya pupuk di golongkan menjadi pupuk cair dan padatdan apabila ,digolongkan berdasarkan unsur haranya pupuk digolongkan menjadi pupuk majemuk dan tunggal
2.2 PUPUK ORGANIK
Pupuk organik organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup. Sebagian besar pupuk organik berbentuk seperi pupuk kandang dan kompos namun dengan adanya teknologi pupuk telah bisa dibuat dalam bentuk cair.
Pada saat ini budidaya tanaman yang menggunakan pupuk organik lebih di sukai dan diminati oleh masyarakat karena produk tersebut dinilai sangat aman bagi kesehatan .di negara – negara  maju masyarakat mulai beralih mengkonsumsi prodik yang dihasilkan secara organik dan secara ekonomis produk yang di hasilkan secara organik memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
PEMANFAATAN URINE MANUSIA YANG TELAH DIFERMENTASI SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR PEMANFAATAN URINE MANUSIA YANG TELAH DIFERMENTASI SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR Reviewed by Ginting free Blog on 20.27 Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.