Faktor - faktor yang mempengaruhi pembentukan KLOROFIL

Faktor Pembawaan

    pembentukan klorofil dan pigmen-pigmen lainnya dibawakan oleh gen tertentu didalam kromosom. jika gen ini tidak ada maka tanaman akan bewarna putih (albino). tanaman yang albino tidak dapat bertahan lama.

Cahaya
   tidak seluruh tanaman membutuhkan cahaya untuk pembentukan klorofilnya. pada beberapa kecambah Angiospermae, klorofil dapat terbentuk tanpa memerlukan cahaya. terlalu banyak cahaya juga berpengaruh buruk kepada klorofil. larutan klorofil yang dihadapkan kepada cahaya kuat tampak berkurang hijaunya. hal ini dapat kita lihat pada daun - daunan yang terus menerus terkena sinar langsung, warnanya menjadi hijau kekuning-kuningan.
Oksigen
     oksigen diperlukan untuk pembentukan klorofil. kecambah yang ditumbuhkan diruang gelap, kemudian ditempatkan dicahaya tidak mampu membentuk klorofil.

karbohidrat
     karbohidrat membantu dalam pembentukan klorofil dalam daun.
Nitrogen, Mg, dan Fe
    merupakan zat pembentuk klorofil, kekurangan salah satu zat tersebut akan menyebabkan klorosis

Mn, Cu, Zn
    merupakan unsur mikro pembentuk klorofil kekurangan salah satu zat tersebut akan menyebabkan klorosis.
Air
    kekurangan air mengakibatkan desintegrasi dari klorofil seperti terjadi pada rumput dan pepohonan dimusim kering.

suhu
    suhu antara 3 - 48 derjat celcius merupakan kondisi yang cocok untuk pembentukan klorofil pada kebanyakan tanaman, tetapi yang paling baik antara 26 - 30 derjat celcius.
Faktor - faktor yang mempengaruhi pembentukan KLOROFIL Faktor - faktor yang mempengaruhi pembentukan KLOROFIL Reviewed by Ginting free Blog on 11.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.